HUBUNGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DENGAN KEPUASAN LAYANAN PENGGUNA (USER) DI BAGIAN PENDAFTARAN ONLINE RSUD KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2023
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dengan Kepuasan Layanan Pengguna (User) Di Bagian PendaftaranOnline RSUD Kota Padang Panjang. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 64 orang responden yang menyatakan system informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) baik berjumlah 28 orang (43,8%) dan kurang baik 36 orang (60,9%). Dari 64 orang responden yang menyatakan puas berjumlah 26 orang (40,6%) dan kurang puas berjumlah 38 orang (59,4%). Kesimpulannya yaitu adanya hubungan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dengan Kepuasan Layanan Pengguna (User) Di Bagian Pendaftaran Online dengan menggunakan uji statistik dan diperoleh nilai p = 0,009 (p< 0,05), maka secara statistic disebut berhubungan. Diharapkan kepada pihak rumah sakit dapat mengadakan kegiatan berkala penyuluhan cara menggunakan pendaftaran online guna untuk lebih maksimalnya penggunaan pendaftaran online RSUD Kota Padang Panjang.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahza, L., Putra, H, N. (2021). Literature Riview Analisis Penerapan Sistem Pendaftaran Online Rawat Jalan Dengan Model Hot-Fit. Retrieved From https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pendaftaran+online+pasien+menurut+para+ahli&btnG=G=#d=gs_qabs&t=1677772743405&u=%23p%3DH7SaFvfZrxoJ. Diakses 02 Maret 2023.
Annisa, L, U. (2020). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Menggunakan Metode Hot-Fit di RSUD Dr. Rasidin Kota Padang Tahun 2020. Retrieved From https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penelitian+latifa+utari+annisa&btnG#d=gs_qabs&t=1678623091838&u=%23p%3DZyDWRtPVTdgJ. Diakses 12 Maret 2023.
Ansari, F, N. (2022). Analisa Penerapan Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dengan Pendekatan Technology Accepting Accepting Model (TAM) Pada Rumah Sakit Di Indonesia. http://scholar.unand.ac.id//99798/5/SKRIPSI_%20Fikri%20NIsa%20A%20%201510522038%20-dikonversi.pdf. Diakses 09 Desember 2022.
Bramantoro, T. (2017). Pengantar Klasifikasi dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan. Surabaya :Airlangga University Press.
Dharmawan, R, R., Ramadani, L., &Falahah. (2022). Perancangan Arsitektur Enterprise Dalam Pengembangan SIMRS Bidang Pelayanan Penunjang Menggunakan TOGAF ADM (Studi Kasus :Rumah Sakit XYZ). Vol. 9, No 3. Diakses 12 Maret 2023.
Ekaputri, N, R. (2020). Aplikasi Pengolahan Data Infrastruktur (Studi Kasus di BAPPELITBANDA Kota Tasikmalaya). Retrieved From https://scholar.google.com/scholar?_q=penelitian+ratnapratiwi+ekaputri+2020+tentang+karakteristik+sistem&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1678591583762&u=%23p%3D1-l69ehAxc8J. Diakses 12 Maret 2023.
Erlika, Y., Wijaya, F, K., & Santi, R. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Simak Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUSC) (UIN Raden Fatah Palembang). Vol. 2, No 1 (2019). Diakses 12 Maret 2023.
Faigayanti, A., Suryani, L & Rawalillah, H. (2022). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di Bagian Rawat Jalan denganMetode Hot-Fit. Vol. 5, No 2 (2022). Diakses 10 Maret 2023.
Handayani, P, W., Hidayanto, A, N., Pinem, A, A., Hapsari, I, C., Azzahro, F., Sandhyaduhita, P., I., Ayuningtiyas, D. (2018). Pengantar Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Depok :Rajawali Pers. Diakses 09 Desember 2022.
Hasanah, S., Widiyanto, W, W., &Wulandari, S. (2022). Pengaruh Human Organization and Technology TerhadapManfaat SIMRS di RSU Asy-Syifa’sambi. Vol. 2, No 1 (2022). Diakses 12 Maret 2023.
Hidayatullah, S. (2019). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Pelanggan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online. Retrieved From https://repository.inpas.ac.id/5205/4/BAB%202.pdf. Diakses 25 Januari 2023.
Hutagalung, L, E. (2022). Analisa Manajemen Risiko Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Pada Rumah Sakit XYZ Menggunakan ISO 31000. Vol. 12, No 1 (2022). Diakses 12 Maret 2023.
Igiany, P, D. (2019). Systematic Review: Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Vol. 1 (2019). Diakses 12 Maret 2023.
Kemenkes RI. (2013). PERMENKES No. 82 Tahun 2013 tentang SIMRS. https://yankes.kemkes.go.id/unduhan/fileunduhan_1589529567_846923.pdf.Diakses 09 Desember 2022.
Machmud, R. (2018). Kepuasan Pengguna Sistem Informasi. Gorontalo : Ideas Publishing.
Matondang, E, R,S. (2020). Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Dalam Kepemimpinan Keperawatan. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=buku+simrs&btnG=#d=gs_qabs&t=1670305888948&=%23p%3DecHiwrYif34J. Diakses 06 Desember 2022.
Merahabia, H, A., & Papilaya, F,S. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Penggunaan Aplikasi SIMRS di VK Ponek RSUD Abepura Menggunakan Metode EUCS. Vol. x, No x (2022). Diakses 12 Maret 2023.
Nastiti, I., &Santoso, D, B. (2022). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di RSUD SLG Kediri dengan Menggunakan Metode Hot-Fit. Vol. 7, No 2 (2022). Diakses 10 Maret 2023.
Notoadmojo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta :Rineka Cipta.
Retrieved From https://syekhnurjati.ac.id/journal/indek.php/itej. Diakses 02 Februari 2023.
Rochaety, E. (2017). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Rusdiyanti, W. (2021). Hubungan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dengan Beban Kerja dan Kinerja Perawat RS SalakTahun 2021. Retrieved From https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2022&q=pengertian+simrs&btnG=#d=gs_qabs&t=1678602004888&u=%23p%3DOATM0_8vLncJ. Diakses 12 Maret 2023.
Sadewo, B. (2022). Hubungan Faktor Teknologi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di Rumah Sakit Ciremai Pada Tahun 2022. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2022&q=defenisi+kepuasan+pengguna+simrs&btnG=#d=gs_qabs&t=167065555490904&u=%23p%3D0bo6m-mwUMoJ. Diakses 10 Desember 2022.
Sari, N. P., Nasir, M., &Andriyani, R. (2019). Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Paytren Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Bina Dharma Conference on Computer Science (BDCCS).
Sari, L. N., Erpidawati, E., & Susanti, E. (2019). Hubungan kualitas layanan terhadap kepuasan pasien. Menara Medika, 1(2).
Sianturi, A, E, R., &Retnowardhani, A. (2022). Tingkat Kepuasan Pengguna E-Learning Mahasiswa PascasarjanaUniversitas SwastaTerbaik di Jakarta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung :Alfabeta.
Siregar, E, Y., Aminah, A., Suharti, D., Turnip, J., & Suryana, H. (2023). Hubungan Kebutuhan Perawatan Bayi BBLR di Rumah dengan Pendekatan Family Centered Maternity Care di Puskesmas Lhok Kruet Aceh Jaya. Vol. 5, No. 5 (2023). Diakses 13 Agustus 2023.
Sumarsid., & Paryanti, A, B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Granfood (Studi Wilayah Kecamatan Setia Budi). Vol. 12, No. 1 (2022). Diakses 11 Agustus 2023.
Terry, G, R., Rue, L, W. (2020). Dasar-dasarManajemen. Jakarta :BumiAksara.
Undang-undang RI No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No_30_Th_2019_t_Klasifikasi_dan_Perizinan_Rumah_Sakit.pdf. Diakses 09 Desember 2022.
Wardani, R., Muhammad, I, N., Abidin, A, Z., & Setiawan, D. (2022). Optimalisasi SIMRS Dalam Pendaftaran Pasien Online di RSUD SLG Kediri. Vol. 2, No 3 (2022). Diakses 10 Desember 2022.
Wijayanti, D., &Irianto, B, S, B. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Kepuasan Pengguna SIMRS Khanza. Vol. 1, No 1 (2022). Diakses 12 Maret 2023.
World Health Organization. (2015) Universal Health Coverage. Retrieved from http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1874/3/3/BAB%20II.pdf. Diakses 09 Desember 2022.
Wulandari, T., Putra, D,M. (2020). Study Literature Riview Tentang Implementasi SIMRS Pada Unit Kerja Rekam Medis Rawat Jalan Dengan Metode HOT-FIT.https://ojs.stikeslanbouw.ac.id/index.php/ahi/article/download/167/77. Diakses 29 Januari 2023
DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v9i1.1158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher STARKI @copyright