Analisis Makna Iklan Indomie Versi “Selera Yang Selalu Menemani”

Friska Amallia, Agustinus Rustanta

Abstract


Penelitian ini tentang iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani” pada kanal Youtube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna-makna atau pesan-pesan khususnya makna atau pesan denotasi, konotasi, dan mitos di dalam tayangan iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan pisau analisis Semiotika Roland Barthes. Ditemukan bahwa terdapat makna denotasi di dalam tayangan iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani”adalah aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat yang ada di pedesaan dan di kota salah satunya yaitu kegiatan makan mie instan bersama-sama. Makna konotasi yang terdapat di dalam tayangan iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani” adalah kebersamaan, keserdahaan, dan keberagaman. Makna mitos yang terdapat di dalam tayangan iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani” adalah sebuah kebiasaan yang tanpa sadar atau dengan sadar dilakukan oleh masyarakat Indonesia selama ini yaitu gotong royong, dan “Mangan Ora Mangan Sing Penting Ngumpul”.

Keywords


Iklan, Denotasi, Konotasi, Mitos, Semiotika

References


Andriyanto. 2017. Analisa Semiotik Denotasi, Konotasi, dan Mitos Iklan Indomie versi 45th Anniversarry di Televisi. Tesis yang diterbitkan. Universitas Tarumanegara, Jakarta.

Aprilia, Ratna, Dwi. 2012. Analisis Semiotika Iklan Cetak WRP Body Shape & Prolene. Skripsi yang diterbitkan. Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Firdaus, Chalid, Moch. 2018. Analisis Semiotika Roland Barthes Iklan Citra Sakura Fair UV Versi Febby Rastanty. Skripsi yang diterbitkan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Ismujihastuti, Dwisthi, R. A Granita & Mahadian, Bayu, Adi. 2015. Analisis Semiotik Roland Barthes Terhadap Sambul Album Raisa Andriana “Raisa” dan “Heart To Heart”. Skripsi yang diterbitkan. Universitas Telkom, Bandung.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2004. Dasar-dasar Pemasaran (Edisi 9 Jilid 2). Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip & Keller, Lane, Kevin. 2013. Manajemen Pemasaran (Edisi 13 Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Kusuma, Araka. 2015. Buku Pintar Membaca Wajah & Tubuh. Yogyakarta: Saufa.

Morissan. M.A. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wahjuwibowo, Seto, Indiwan. 2018. Semiotika Komunikasi (Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi Edisi 3). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Wahyuningsih, Sri. 2014. Analisis Semiotika Komunikasi Roland Barthes dalam Iklan Samsung Galaxy Versi Gading dan Giselle di Pulau Madura. Skripsi yang diterbitkan. Universitas Trunojoyo, Madura.

Wibowo, Wahyu, Seto, Indiwan. 2011. Semiotika Komunikasi (Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi Edisi 1). Jakarta: Mitra Wacana Media.

____. 2013. Pengertian Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Terbesar. Diakses 15 Agustus 2019. https://bphn.go.id/news/2015102805455371/INDONESIA-MERUPAKAN-NEGARA-KEPULAUAN-YANG-TERBESAR-DI-DUNIA.

____. 2015. Pengertian Kebahagiaan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses 15 Agustus 2019. https://kbbi.web.id/bahagia.

____. 2015. Pengertian Ekonomis Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses 15 Agustus 2019. https://kbbi.web.id/ekonomis.

____. 2015. Pengertian Gotong Royong Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses 15 Agustus 2019. https://kbbi.web.id/gotong%20royong.

____. 2015. Pengertian Keharmonisan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses 15 Agustus 2019. https://kbbi.web.id/harmonis.

____. 2015. Pengertian Paguyuban Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses 13 Juni 2019. http://kbbi.co.id/cari?kata=paguyuban.

____. 2015. Pengertian Kebersamaan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses 15 Agustus 2019. https://kbbi.web.id/sama.




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v5i2.353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright