Strategi Komunikasi Pemasaran UMKM Himpunan Pemuda Reformasi (HPR) dalam Memasarkan Gula Aren di Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu

M. Zikru Fardan, Ringgo Eldapi Yozani

Abstract


UMKM Gula Aren HPR, a home-based business located in the Rokan Hulu district, specializes in selling palm sugar or "gula merah". Utilizing marketing communication methods, the business aims to effectively promote its products. However, the UMKM Gula Aren HPR doesn't automatically come to consumers' minds in practice. It’s crucial for UMKM HPR to understand marketing communication strategies to ensure the smoothness and success of the marketing process. The purpose of research is to understand the marketing communication strategies employed by the UMKM Gula Aren HPR in promoting palm sugar and to explore how these strategies relate to Word of Mouth (WOM), social media marketing, event strategies, and personal selling. This qualitative research involves descriptive analysis. Research subjects include the chairperson, employees, and consumers, selected through purposive techniques. Data is collected through observation, interviews, and documentation. Data analysis follows the Miles and Huberman model, with data validity ensured through prolonged engagement and triangulation. The research findings reveal that the UMKM Gula Aren HPR employs the Word of Mouth (WOM) marketing strategy through social media, particularly Facebook, engages in event marketing by setting up stands at various events, and utilizes personal selling involving product presentations and explanations to consumers.


Abstrak

UMKM gula aren HPR adalah usaha rumahan yang berlokasi di kabupaten Rokan Hulu dan khususnya bergerak dalam penjualan gula aren atau gula merah. Dalam memasarkan produk memanfaatkan komunikasi pemasaran. Namun dalam prakteknya UMKM gula aren HPR tidak muncul begitu saja di benak konsumen. Penting bagi UMKM HPR untuk memahami strategi komunikasi pemasaran guna memastikan kelancaran dan keberhasilan dalam proses pemasaran. Tujuan pada penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Rumah UMKM Gula Aren HPR dalam mempromosikan gula aren dan mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam memasarkan gula aren berkaitan dengan strategi Word of Mouth (WOM), strategi social media marketing, strategi event, dan strategi personal selling. Jenis penelitian ini kualitatif dengan analisis secara deskriptif. Subjek penelitian meliputi ketua, karyawan dan konsumen dengan memanfaatkan teknik purposive. Teknik penghimpunan data dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data memanfaatkan model Miles and Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data memanfaatkan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam memasarkan produknya UMKM Gula Aren HPR menggunakan strategi pemasaran Word of Mouth (WOM) memanfaatkan sosial media melalui facebook, melakukan event marketing dengan membuka stand dibeberapa event dan personal selling yang dilakukan dengan presentasi atau menjelaskan kepada konsumen tentang produk yang dipasarkan.

Keywords


Communication Strategy, MSEM

References


Auliya, S. P. (2021a). Event Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Volume Penjualan Kayn Label. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, d, 18.

Auliya, S. P. (2021b). Event Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Volume Penjualan Kayn Label. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, d, 18. Retrieved from https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7577

Botahala, L. (2021). PEMBUATAN HERBAL SIAP SAJI DI MASA PANDEMI CoViD-19. Abdimas Unwahas, 6(1), 73–78. https://doi.org/10.31942/abd.v6i1.4436

Clarita, C., & Karsa, S. (2020). Strategi Event Marketing PT. Kilau Indonesia. Prosiding Manajemen Komunikasi, 6–10.

Faizi, F., Wulandana, N. P., Alya, A., & Lombu, A. A. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 137. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.510

Feradis. (2021). Gula Aren, Produk Kearifan Lokal Rokan Hulu. Retrieved December 17, 2022, from kumparan.com website: https://kumparan.com/feradis-nurdin/gula-aren-produk-kearifan-lokal-rokan-hulu-1w2pZMYyToT

Gunelius, S. (2017). 30-minute social media marketing. New York.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. Retrieved from https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.

Kotler, P., Amstrong, G., & Sindoro, A. (2003). Dasar-dasar pemasaran. Jakarta: indeks.

Kusniadji, S. (2018). Kontribusi Penggunaan Personal Selling Dalam Kegiatan Komunikasi Pemasaran Pada Era Pemasaran Masa Kini. Jurnal Komunikasi, 9(2), 176. https://doi.org/10.24912/jk.v9i2.1078

Lempang, M. (2012). Pohon Aren dan Manfaat Produksinya. Info Teknis EBONI, 9(1), 37–54.

Rasihen, Y. (2018). Analisis Efisiensi Dan Perilaku Pasar Gula Aren Di Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 14(1), 47. https://doi.org/10.20961/sepa.v14i1.21044

Rezeky, R. T. M. L. (2018). Proses Implementasi Word of Mouth Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran La Perla Plaza Senayan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 155–166.

Sari, R. I., Wicaksono, I. A., & Utami, D. P. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Industri Rumah Tangga Gula Jawa di Dusun Windusari Desa Erorejo Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Surya Agritama: Jurnal Ilmu …, 10(September), 307–321. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaagritama/article/view/1622%0Ahttp://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaagritama/article/download/1622/995

Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 144. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1382

Tarmizi, M. (2018). Analisis Agroindustri Gula Aren Di Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 13(2), 195. https://doi.org/10.20961/sepa.v13i2.21032

Yozani, R. E., Wirman, W., & Sari, S. G. P. (2022). Education-Based Marketing Communication Strategy (Study On Green Smoothie Factory Pekanbaru). (Iccs), 453–458.




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v9i1.986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright