Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Media Digital dalam Pengembangan Usaha Kuliner

Lasmery RM Girsang, Ilona V.O Situmeang, Muhamad Isnaini, Putri Ramadaniar, Albert Marvindo

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilatarbelakangi oleh semakin tergerusnya kepedulian generasi muda akan kuliner khas Betawi (seperti kerak telor, laksa, bir pletok, gado-gado, soto betawi, toge goreng dan sebagainya) yang harus tetap dijaga kelestariannya ditengah persaingan antar kuliner asing/global yang ada. PkM ini bertujuan untuk mendapatkan solusi agar terciptanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan komunikasi pemasaran digital dan diselnggarakan melalui metode pelatihan singkat yang menyasar pada sepuluh mitra yang merupakan pedagang kuliner khas Betawi di area Setu Babakan (Jakarta Selatan). Hasil PkM menunjukkan para pedagang memahami teknologi media digital yang dapat membantu percepatan usaha dagang produk makanan yang dijual ke pembeli/pengunjung Setu Babakan. Selain itu, literasi media digital diperlukan mitra demi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk bersaing dengan penjual lain yang telah terlebih dahulu ‘melek’ teknologi. Hal ini sekaligus menepis kekhawatiran akan imbas kemajuan teknologi terhadap produk yang dijual mitra secara konvensional. Dengan dilaksanakannya PkM ini, melek media digital telah tercapai dimana mitra mulai aktif menggunakan platform media sosial (whatsapp, google, instagram, GoBiz) untuk mengembangkan bisnis kuliner kedepannya.

ABSTRACT

This Community Service activity is based on the eroding concern of the younger generation for Betawi culinary (such as kerak telor, laksa, bir pletok, gado-gado, soto Betawi, toge goreng and so on) whose preservation must be maintained amidst the competive global culinary. This community service aims to find solutions to increase digital marketing communication knowledge and skills and is held through a short training method targeting ten partners as Betawi culinary traders in the Setu Babakan area (South Jakarta). The community service results that traders understand digital media technology which can help accelerate the trading business of food products sold to buyers/visitors of Setu Babakan. Apart from that, partners need digital media literacy to increase their knowledge and skills to compete with other sellers who are already literate in technology. This also eliminates concerns about the impact of technological advances on products sold by partners conventionally. With the implementation of this community service, digital media literacy has been achieved where partners are starting to actively use social media platforms (WhatsApp, Google, Instagram, GoBiz) to develop their culinary business in the future.

Keywords


media digital; kuliner; pelatihan, sosialisasi

References


Adinugraha, F., Ponto, A.I., & Munthe, T.R.M. 2020. Potensi kebudayaan Betawi sebagai pendekatan kearifan lokal dan budaya dalam pembelajaran biologi. EDUPROXIMA (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA). 2(2). 55 – 66. http://repository.uki.ac.id/5510/1/PotensiKebudayaanBetawidalamBiologi.pdf

Bidasari, B., Sahrir, S., Goso, G., & Hamid, R. S. 2023. Peran literasi keuangan dan literasi digital dalam meningkatkan kinerja UMKM. Owner, 7(2), 1635–1645. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1404

Dewantara, Y. F. 2018. Kerak Telor: Kuliner khas Ibu Kota Jakarta (Betawi). National Conference of Creative Industry, September, 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1223

Errika, W. S. D. 2015. Membaca kearifan lokal dalam penggunaan media sosial. Jurnal Transformatika, 13(1), 20–23. http://netpreneur.co.id/7-cara-mudahFebrianti

Febrianti, D., Suganda, D., & Tahir, R. 2019. Pengembangan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan sebagai kawasan wisata budaya di Jakarta. Media Bina Ilmiah, 15 (3). 4109–4119. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/727

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. 2021. Systematic review: Strategi pemberdayaan pelaku UMKM menuju ekonomi digital melalui aksi sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122

Hartono, S., Budiarsih, R., & Rembulan, G.D. 2023. Optimalisasi pemanfaatan platform digital dalam upaya peningkatan penjualan produk UMKM (Studi Kasus Desa Cibogo). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 4(2). 50–65. https://www.researchgate.net/publication/371776225_OPTIMALISASI_PEMANFAATAN_PLATFORM_DIGITAL_DALAM_UPAYA_PENINGKATAN_PENJUALAN_PRODUK_UMKM_STUDI_KASUS_DESA_CIBOGO

Krisnadi, A.R. 2018. Gastronomi Makanan Betawi sebagai Salah Satu Identitas Budaya Daerah. National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development. http://dx.doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1221

Maryetti, Yohanes, S., Darmawan, D., Hindun, N., & Setio Wibowo, F. 2016. Pengembangan berkelanjutan Kampung Budaya Setu Babakan sebagai daya tarik wisata. Jurnal Destinasi Kepariwisataan Indonesia, 1 (March), 27–44.

Mayasari, F. 2018. Digitalisasi dan kebudayaan (Studi pada pengembangan kebudayaan berbasis kearifan lokal melalui media baru oleh Yayasan Sagang). Jurnal PERSPEKTIF Komunikasi, 2(2). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1061030&val=15891&title=DIGITIZATION AND CULTURE CASE STUDY ON LOCAL WISDOM-BASED CULTURE DEVELOPMENT THROUGH NEW MEDIA BY SAGANG FOUNDATION

Natalia, D. & Krisnadi, A.R. 2020. Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat kunjungan wisatawan berdasarkan komponen destinasi wisata di kawasan kuliner, Pasar Lama Tangerang. Destinesia: Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata. 2(1), 34-46. https://doi.org/10.31334/jd.v2i1.1069.g582.

Teddy Setiawan, Dwinanto Priyo Susetyo, E. P. 2021. Edukasi literasi digital: Pendampingan transformasi digital pelaku UMKM Sukabumi Pakidulan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat EDUKASI, 1(7), 73–80. https://doi.org/10.1080/10941665.2020.1859057

Untari, D. T., Darusman, D., Prihatno, J., & Arief, H. 2019. Strategi pengembangan kuliner tradisional Betawi di DKI Jakarta. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 2(3), 313– 340. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2018.v2.i3.4011

Wardana & Basuki Dwisusanto, Y. 2019. Physical character of Kampung Setu Babakan, South Jakarta, as Betawi cultural heritage region. Riset Arsitektur (RISA), 3(04), 311–327. https://doi.org/10.26593/risa.v3i04.3517.311-327

Widiyanto, D., Istiqomah, A., & Yasnanto, Y. 2021. Upaya pemberdayaan masyarakat desa dalam perspektif kesejahteraan ekonomi. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(1), 26. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v2i1.362

https://www.setubabakanbetawi.com/profil-perkampungan-budaya-betawi/




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v5i2.1160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter