Pelatihan Fotografi dan Videografi untuk Pemasaran Digital Bagi Anggota Komunitas UMKM di Kota Depok

Aprilianti Pratiwi, M. Marlin Muhaimin, Maudi -, Winda Haifa, Yolanda Valentia

Abstract


Sebagai salah satu kontributor penyedia lapangan pekerjaan dan pendapatan masyarakat, penting bagi para pelaku UMKM untuk memiliki keterampilan fotografi dan video. Hal ini tak lepas dari fungsi utama dari foto dan video produk bagi UMKM yaitu membantu meningkatkan penjualan. Terlebih di era digital ini foto dan video produk menjadi senjata andalan bagi pelaku UMKM untuk memvisualisasikan produk mereka. Foto dan video produk yang bagus dan menarik tentunya akan menarik perhatian calon pelanggan dan tergerak untuk membelinya. Namun foto dan video yang dihasilkan oleh pelaku UMKM saat ini masih dapat dikategorikan belum ideal seperti pencahayaan, komposisi dan angel foto yang masih kurang baik. Hal ini dikarenakan pelaku UMKM belum memiliki keterampilan foto dan video yang baik. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengembangkan keterampilan anggota komunitas UMKM Gading Bersinar di Perumahan Gading Depok Residence, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kotamadya Depok, Jawa Barat dalam mengambil foto dan video produknya. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pengamatan dan pelatihan. Pengamatan dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh anggota komunitas UMKM Gading Bersinar. Pelatihan dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sosialisasi, praktik dan evaluasi. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa semua peserta berhasil meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai teknik dasar fotografi dan videografi produk. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan pemahaman mengenai foto dan video produk melalui hasil pre-test dan post-test.

ABSTRACT

As one of the contributors to providing employment and community income, it is important for MSME actors to have photography and video skills. This is inseparable from the main function of product photos and videos for MSMEs, which is to help increase sales. Especially in this digital era, product photos and videos are a mainstay weapon for MSME players to visualize their products. Good and attractive product photos and videos will certainly attract the attention of potential customers and be moved to buy it. The purpose of this community service activity is to develop the skills of members of the ivory Shining MSME community at Gading Depok Residence, Curug Village, Bojongsari District, Depok City, West Java in taking photos and videos of their products. The methods used in this community service activity are observation and training. Observations were made to determine the problems faced by members of the Gading Bersinar MSME community. The training is divided into three sessions, i.e. socialization, practice and evaluation. The results of this community service showed that all participants succeeded in increasing their knowledge and understanding of basic techniques of product photography and videography. This can be seen from the increased understanding of product photos and videos through pre-test and post-test results.

Keywords


foto produk; pemasaran digital; UMKM; video produk

References


BPS, B. (2022). Banyaknya Usaha Mikro dan Kecil menurut Kabupaten/Kota (Unit), 2020-2022. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. https://jabar.bps.go.id/indicator/9/752/1/banyaknya-usaha-mikro-dan-kecil-menurut-kabupaten-kota.html

Cao, Z., & Anggara, S. (2019). E-Commerce in Singapore and Indonesia: Comparison of Policies. International Journal of Science and Society, 1(1), 1–12. http://ijsoc.goacademica.com

DJ, D. (2022). Ini Upaya Pemerintah Jaga Peran UMKM sebagai Tulang Punggung Perekonomian. Kemenkeu. https://pen.kemenkeu.go.id/in/post/ini-upaya-pemerintah-jaga-peran-umkm-sebagai-tulang-punggung-perekonomian

Elsinta, L. Y., Witama, S. J., Sidharta, R. C., Nurul, S., & Ciputra, U. (2023). Pelatihan foto produk sebagai upaya peningkatan promosi umkm wayang kulit desa galengdowo. Jurnal ABDIKARYA, 5(1), 20–26.

Lestari, N. I., & Wahyuni, T. (2022). Pelatihan Foto Produk dan Tata Buku sebagai Penunjang Kegiatan Usaha Young Entrepreneur. Jurnal Kuat, 4(1), 7.

Maksudi, A. M., Zabidi, I., Maksudi, M. Y., Hendra, H., HR, I., & Suryono, D. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Omzet Penjualan Produk Pakaian pada UMKM Inoy Daily Wear di Tasikmalaya. Jurnal STEI Ekonomi, 30(02), 94–101. https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.444

Nugraheny, D., Pujiastuti, A., Sudaryanto, S., Wintolo, H., Agustian, H., Aryanto, S., Indrianingsih, Y., & Honggowibowo, A. S. (2022). Pendampingan dan pelatihan cara pengambilan foto produk UMKM untuk pemasaran di media sosial. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i1.1017

Putri, A. M. H. (2023, February 7). Jumlah UMKM Capai 8,71 Juta, Bisa Jadi “Tameng” Resesi? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/research/20230207115843-128-411724/jumlah-umkm-capai-871-juta-bisa-jadi-tameng-resesi

Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1275

Sari, A. N. (2021). Smartphone Photography: Simpel dan Praktis Mendukung Sosial Media Kantor. Kementrian Keuangan RI. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-suluttenggomalut/baca-artikel/14521/Smartphone-Photography-Simpel-dan-Praktis-Mendukung-Sosial-Media-Kantor.html

Suharyono, Y., Oetomo, R. K., Dwi, P., & Pamungkas, A. (2022). Pelatihan Pendukung bagi Pelaku Usaha Kecil , Mikro , dan Menengah ( UMKM ) dalam Digitalisasi Pemasaran. Jurnal Karya Untuk Masyarakat, 3(1), 35–45.

Susanto, D. W., Faridah, F., & Amirul, A. (2023). Pengaruh Media Sosial dalam Menignkatkan Omzet Penjualan Pada UKM Dapur Julie Depok. Warta Dharmawangsa, 17(1), 2716–3083. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46576/wdw.v17i1.2932




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v5i2.1167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter