Pelatihan Penggunaan Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Vitamin Pada Buah dan Sayur Untuk Guru TK Vianney

Henri Septanto, Boy Yuliadi, Ari Hidayatullah

Abstract


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi mempengaruhi situasi kondisi serta gaya hidup masyarakat secara keseluruhan, termasuk juga mempengaruhi gaya hidup anak-anak. Penggunaan perangkat digital sejak usia dini sangat mempengaruhi aktivitas anak-anak, mereka cenderung lebih suka berada berjam-jam dengan gadgetnya dibandingkan dengan melakukan aktivitas diluar rumah untuk bermain sepeda, layang-layang atau permainan lain yang mungkin dilakukan oleh orang tua mereka di usia anak-anak. Perubahan aktivitas dan gaya hidup anak-anak dimana mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan gadgetnya juga berpengaruh terhadap minat mereka terhadap konsumsi makanan sehat berupa buah dan sayur. Apalagi jika kedua orang tuanya sibuk bekerja maka pengawasan terhadap anak-anak khususnya dalam hal makanan pasti sangat sulit. Untuk itulah pelatihan penggunaan aplikasi game edukasi pengenalan vitamin pada guru TK Vianney akan sangat berguna sebagai alternatif dalam mengisi waktu pembelajaran di kelas sebagai media untuk mengenalkan makanan sehat pada anak-anak TK

ABSTRACT

Since kindergarten education, we have been introduced to letters and numbers because since kindergarten, children have been taught to read. It is for this reason that the Community Service implementing team is trying to provide this training in Community Service activities at Tarsisius Kindergarten 2. Multimedia-Based Learning Media Applications have become a learning system tool and are part of learning activities. For this reason, training in the use of vocal recognition learning media is needed for kindergarten teachers and students. The purpose of this training is to improve the competence of kindergarten teachers and students so that they have new skills, especially in the use of the Vocal letter recognition application.

Keywords


pelatihan, game, edukasi, vitamin

References


Hadi, P. D. S. (2019). Permainan 3d Tentang Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Anak. Melek IT: Information Technology Journal, 5(1), 39–41.

Hasudungan, R., & Rudiman, R. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Guru SMK Muhammadiyah 3 Samarinda. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 5(2), 345–350.

Husna, Laeli, N., & Izzah, N. (2021). Gambaran Status Gizi Pada Balita: Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 385–392. https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/prosiding/article/view/689

Parjito, P., Pasha, D., Megawaty, D. A., Kuncoro, I. R., Saftana, I. P. H., Sena, F. Y., & Hutagalung, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Game Edukasi Di SMA Negeri 1 Sumberejo. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(3), 115–121.

Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. (2016). Game Edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1).

Rubhasy, A., Firzatullah, R. M., & Sahara, R. (2021). Pelatihan E-Learning Moodle Berbasis Cloud Untuk Tutor/Guru Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). TERANG, 4(1), 51–62.

Septanto, H., Wardani, A. K., & Hidayatullah, A. (2024). Pelatihan Crimping Kabel UTP Tipe Straight dan Cross Over Jaringan Komputer LAN untuk Para Pemuda Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 5(1), 45–58.

Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan pemanfaatan dan pengembangan bahan ajar digital berbasis multimedia interaktif untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Karinov, 3(1), 53.

Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(1), 29–34.

Vega Vitianingsih, A. (2016). Game edukasi sebagai media pembelajaran pendidikan anak usia dini. Inform, 1(1), 25–32.




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v5i2.1180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter