Pelatihan Etiket dan Penampilan Profesional Demi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Staf Kelurahan Pondok Kelapa

Rs. Kurni Setyawati, Maria Francisca Lies Ambarwati

Abstract


Melayani masyarakat membutuhkan keterampilan dalam berkomunikasi dan etiket yang memadai. Guna meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kelurahan Pondok Kelapa, para Kader PKK mendapatkan pelatihan Etiket dan Public Speaking. Peserta pelatihan berjumlah 29 Ibu Kader PKK. Kegiatan pelatihan ini dilakukan selama satu hari bertempat di kampus STIKS Tarakanita yang masih berada di wilayah Kelurahan Pondok Kelapa. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan para Ibu Kader PKK dalam berkomunikasi secara efektif dan memiliki sikap yang baik dalam menyampaikan pesan. Materi yang disampaikan adalah bagaimana berkomunikasi dan berpenampilan serta bersikap yang santun. Teknik penyajian yang digunakan adalah pemberian materi berupa ceramah dan diskusi disertai dengan simulasi atau memeragakan secara langsung materi yang telah dipaparkan. Peserta juga diberi kesempatan praktek dengan menggunakan kasus dalam kegiatan PKK, baik di kelurahan, RW maupun RT. Hasil pelatihan secara keseluruhan menunjukkan bahwa peserta memahami etiket dan cara berkomunikasi yang baik, namun masih mengalami beberapa kendala dalam mempraktekkannya antara lain gugup dan kurang percaya diri. Kegiatan pelatihan Etiket dan Public Speaking menumbuhkan semangat baru bagi peserta pelatihanuntuk memberi pelayanan yang lebih baik.

Keywords


etiket; komunikasi; peningkatan sumber daya manusia

Full Text:

PDF

References


Beeftink, F., van Eerde, W., Rutte, C. G., & Bertrand, J. W. M. (2012). Being Successful in a Creative Profession: The Role of Innovative Cognitive Style, Self-Regulation, and Self-Efficacy. Journal of Business and Psychology, 27(1), 71–81. https://doi.org/10.1007/s10869-011-9214-9.

Cristina, N., & Andreea, H. (2017). Using Business Etiquette Nowadays. Qualitative Research on Business Phoning, Emailing and Meetings. Ovidius University Annals: Economic Sciences Series, XVII(2), 444–448.

Greenacre, L., Tung, N. M., & Chapman, T. (2014). Self confidence, and the ability to influence. Academy of Marketing Studies Journal, 18(2), 169–180.

Lapakko, D. (2007). Communication is 93% Nonverbal: An Urban Legend Proliferates. Communication and Theater Association of Minnesota Journal, 34(1), 2.

Rao, S., Gledhill, I., Hartline, B. K., Lakhdar, Z. Ben, Maclachlan, A. J., Mack, K., Mehta, A., Wu, L., & Zhang, H. (2009). Personal Professional Development. April. https://doi.org/10.1063/1.3137917.

Willis, J. (2007). The neuroscience of joyful education. Educational Leadership, 64, 1–4. http://www.ascd.org/publications/educational-leadership/summer07/vol64/num09/The-Neuroscience-of-Joyful-Education.aspx




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v1i2.397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter