Efek Perlombaan Kreativitas sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Hubungan Personal AntarKeluarga-Keluarga di TK Islam An-Nur pada Masa Pandemi Covid-19

Sitti Wardiningsih, Sitinah Sitinah, Serepina Hutabarat, Retno Indriyati, Edy Supriyanto

Abstract


Sejak ditetapkannya sistem belajar e-learning maka pada guru dan orang tua harus memiliki jurus atau trik mengajar dan belajar dimasa pandemi Covid-19. Kekuatan penyebaran infeksi corona virus yang terbaru ini sungguh luar biasa. Untuk memutus mata rantai penyebaran kegiatan tersebut maka TK AN-NUR melakukan kegiatan bersama pada Family Gadring with Parent melalui virtual bagi anak-anak usia dini. Kegiatan ini bertujuan agar anak anak usia dini mau belajar dan tetap ceria dalam kerja sama, kekompakan anak dan orang tua, serta orang tua dalam mendidik dan membimbing putra putrinya. Metode yang tepat untuk kegiatan komunikasi orang tua pada anak. Metode pelaksanaan nya dalam acara ini adalah lomba kreatifitas membuat TV dari bahan karton bekas, dikerjakan selama 2 jam bersama kedua orang tua atau keluarga dan dinilai pada akhir waktunya. Kegiatan ini terdiri dari 5 kelompok dan setiap kelompok didamping 1 orang guru yang bertugas juga sebagai juri. Hasil akhir mententukan juara dengan kreteria penilaian kekompokkan bersama keluarga, dengan kreteria kekompakkan dalam kerja sama, kreativitas bentuk. Kegiatan ini untuk memupuk kerbersamaan dalam lingkungan kecil yaitu keluarga, karena dengan kehangatan dalam keluarga akan melahirkan rasa saling menghargai dan menghormati, melahirkan generasi yang perhatian untuk keluarga dan lingkungannya.

Keywords


usia dini; komunikasi; kreativitas; kekompakkan; orangtua

References


Setianingsih, Ardani, A. W., & Khayati, F. N. (2018). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. GASTER: Jurnal Kesehatan, 16(2), 191–205. https://doi.org/https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297 Suana, & Firdaus. (2014). Pola Kreativitas Pendidikan Di Lembaga PAUD , Jurnal Ad-tadib , Vol.9. Isuue .1. hal. 79-93.

Wardani, Anita Ayriza, Yulia, 2020. Analisis Kendala Orang Tua dalam MendampWardani, Anita, and Yulia Ayriza. 2020. “Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 772. https://doi.org/1.

Assa’adah Sukowati Bungah Gresik 2021. Kreativitas Pendidikan Di Lembaga PAUD Orang tua Akan Meningkatkan Adaptasi Sosial Anak Prasekolah di RA Muslimat NU 202.Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Health Sciences, 7(2), 180–185. https://doi.org/https://doi.org/10.33086/jhs.v7i2.509.

S, Wardiningsih, Sujatini, S., & Dewi, E. P. (2019). Mewarnai Gambar Sebagai Salah Satu Upaya untuk Menanamkan Cinta Alam dan Lingkungan pada Usia Dini, di Paud Bahagia RW 02

Kelurahan Paseban. Jurnal Comunita Servizio, 1(1), 37–49. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/cs/article/view/953.

S, Wardiningsih, Et. al, 2020, Pemanfaatan Gang sebagai Ruang Edukasi dan Interaksi Anak pada RW 02 Kelurahan Paseban Jakarta Pusat. Jurnal. Karya Untuk Masyarakat Vol 2. Issue .1, hal 77- 90.

Anhusadar, La Ode. 2016,Kerativitas Pendidikan Di Lembaga PAUD Jurnal AL’Ta’dib 2016. Volume . 9 Isussu 1. Halaman 78-93.

Wong, D. L., Hockenberry-Eaton, M., Wilson, D., Winkelstein, M. L., & Schwartz, P. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik (Edisi 6). EGC. Yusuf, S. (2006). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. PT Remaja. Rosdakarya.hamil.co.id.




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v2i2.621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter