Pengenalan Literasi Digital kepada Remaja Tongkrongan “Warbar Skuy” di Perumahan Bumi Sani Permai Kabupaten Bekasi

Nabil Azky Fadlurahman, Fitria Ramadhan, Rivaldo Rafi Azhim, Ratna Puspita, Wa Ode Sitti Nurhaliza

Abstract


Pengenalan literasi digital kepada remaja menjadi hal yang perlu dilakukan. Sebab, remaja merupakan salah satu kelompok usia yang mengakses media sosial. Media sosial merupakan medium tempat penyebaran informasi menyesatkan atau mis/disinformasi. Informasi menyesatkan atau mis/disinformasi hanya dapat dilawan dengan literasi. Namun, literasi digital di Indonesia masih sangat rendah. Kemampuan literasi digital ini dikenalkan kepada kelompok remaja tongkrongan “Warbar Skuy” di Kabupaten Bekasi yang berkumpul setiap hari untuk bermain game Mobile Legend. Remaja tongkrongan “Warbar Skuy” mengakses internet tidak hanya untuk bermain game, melainkan juga media sosial. Hasil diskusi dan tanya-jawab selama sosialisasi menunjukkan bahwa remaja tidak ‘cuek’ dengan penyebaran mis/disinformasi di media sosial.

Keywords


literasi digital, misinformasi, disinformasi, tongkrongan remaja

References


Banjaransari, T., & Surastio, A. (2018). Strategi Budaya Melalui Mobilisasi Masyarakat untuk Membuat, Mengedarkan, dan Menonton Film di Purbalingga, Jurnal Kajian Seni, 4(2), 114-136

Berger, G. (2018). Foreword. In C. Ireton & J. ‎Posetti (Eds.), Journalism, Fake News, & Disinformation: Handbook for Journalism Education and Training (pp. 7–13). United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Kemenkumham. (2021). Literasi Digital Rendah Picu Disinformasi dan Hoaks. Kemenkumham.go.id https://www.kemenkumham.go.id/berita/literasi-digital-rendah-picu-disinformasi-dan-hoaks

Fallis, D. (2015). What Is Disinformation?. Library Trends, 63(3), 401–426. https://doi.org/10.1353/lib.2015.0014

Froehlich, T. J. (2020). Ten Lesson for the Age of Disinformation. In K. Dalkir & R. Katz (Eds.), Navigating Fake News, Alternative Facts, and Misinformation in a Post-Truth World (pp. 36–88). IGI Global

Haryanto, A. T. (2021). Pengguna Aktif Medsos RI 170 Juta, Bisa main 3 Jam Sehari. Detik.com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-5407834/pengguna-aktif-medsos-ri-170-juta-bisa-main-3-jam-sehari

Karlova, N. A., & Lee, J. H. (2011). Notes from the underground city of disinformation: A conceptual investigation. Proceedings of the American Society for Information Science and Technology, 48(1), 1–9. https://doi.org/10.1002/meet.2011.14504801133

Karlova, N.A. & Fisher, K.E. (2013). A social diffusion model of misinformation and disinformation for understanding human information behavior. Information Research, 18(1) paper 573. [Available at http://InformationR.net/ir/18-1/paper573.html]

Kovach. (2010) Blur: How to Know What’s True in the Age in Information Overload. Bloomsbury.

Lanoszka, A. (2019). Disinformation in international politics. European Journal of International Security, 4(2), 227–248. https://doi.org/10.1017/eis.2019.6

McGeehan, T. P. (2018). Countering Russian Disinformation. Parameters, 48(1), 49-57.

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Solusi Disinformasi pada Generasi Millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80.

Ross, A. S., & Rivers, D. J. (2018). Discursive Deflection: Accusation of “Fake News” and the Spread of Mis- and Disinformation in the Tweets of President Trump. Social Media + Society, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.1177/2056305118776010

Stepy, Y., Firman, & Rusdinal. (2019). Gaya Hidup Remaja di Kota Palembang (Studi pada Budaya Tongkrong), Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(16), 1534-1541

Utami L. D. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 dari 70 Negara. Tribunnews.com. https://www.tribunnews.com/nasional/2021/03/22/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara?page=2

Taher A. P. (2021). Kominfo Catat Ada 1.556 Hoaks Virus dan 177 Hoaks Vaksin Covid-19. Tirto.id. https://tirto.id/kominfo-catat-ada-1556-hoaks-virus-dan-177-hoax-vaksin-covid-19-gep2

Wardle, C., & Derakhshan, H. (2018). Thingking About “Information Disorder”: Formats of Misinformation, Disinformation, and Mal-InformationNo Title. In C. Ireton & J. ‎Posetti (Eds.), Journalism, Fake News, & Disinformation: Handbook for Journalism Education and Training (pp. 44–56). United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v3i1.668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter