Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Menulis Opini dan Berita bagi Staf dan Kontributor Majalah

Rs. Kurni Setyawati, Agustinus Rustanta

Abstract


Abstrak
Pada umumnya kegiatan menulis baik itu karya ilmiah maupun bentuk lain merupakan kegiatan yang tidak semua orang mampu melakukannya. Diperlukan waktu dan usaha yang sungguh-sungguh untuk dapat menjadi seorang penulis terutama penulis profesional. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu kegiatan sosial dalam rangka menambah, memperkaya atau meningkatkan keterampilan menulis baik untuk terbitan majalah maupun terbitan lainnya. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pelatihan. Dengan kedua metode tersebut peserta dihadapkan pada aktivitas teknis sehingga mereka mampu menuliskan gagasan dalam bentuk tulisan yang dapat dibaca oleh orang banyak. Dari pelatihan ini diperoleh informasi bahwa untuk mampu menulis yang jauh lebih penting untuk diasah adalah keterampilan membaca. Dengan banyak membaca maka referensi yang ada dalam pikiran dapat dituangkan dalam bentuk tulisan.

Kata kunci: Menulis, Terbitan, Penyuluhan, Pelatihan

Abstract:
In general, writing activities, whether scientific works or other forms, are activities that not everyone is able to do. It takes time and earnest effort to become a writer, especially a professional writer. This article aims to describe one of the social activities in order to build, enrich or improve writing skills for both magazine and other publications. The method used is counseling and training. With these two methods, participants are faced with technical activities so that they are able to write down their ideas in written form that can be read by many people. From this training, information was obtained that to be able to write, reading skills are far more important to be honed. By reading a lot, the references you have in mind can be put in writing.

Keywords: Writing, Publishing, Counseling, Training

Keywords


Writing, Publishing, Counseling, Training

References


Abbas, E. W. (2015). Menulis Mengasyikkan. Universitas Lambung Mangkurat.

Adikrisna, N. V. (2017). Menulis ilmiah itu menyenangkan.

Adrianto, H., Purba, I. P. M. H., Silitonga, H. T. H., Fajar, J. T. T., & Kencanawati, N. D. (2020). Pengetahuan Guru dalam Menulis dan Menerbitkan Buku: Strategi Pendampingan. Prosiding SEMADIF, 1.

Afifatunnisa, F. L., Sukaesih, S., Rukmana, E. N., & Rohman, A. S. (2021). Inovasi Kegiatan Literasi FTBM Jawa Barat Dan TBM Jatmika Bandung Dalam Menjaga Energi Literasi Masyarakat Jawa Barat Di Masa Pandemi. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 6(1), 321–335.

Aminah, S. (2021). Membangkitkan UMKM di Masa Pandemi Covid 19 dengan Inovasi dan Teknologi. Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan, 15(1).

Basral, A. N., Nilandari, A., & Arnas, B. (2019). Rahasia Penulis Hebat Membangun Setting Lokasi.

Fakhriyyah, D. D., & Wulandari, Y. (2021). Sosialisasi digital marketing dan inovasi produk pada ukm gula merah guna mempertahankan ekonomi di masa pandemi covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4), 311–317.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.

Haryanti, A. S., Samosir, A., & Nafilah, I. (2018). Pemberdayaan Relawan Balaraja melalui Pelatihan Menulis Karya Ilmiah dan Menulis Sastra. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(03), 191–198.

Hidayat, M., Wahyono, H., & Wulandari, D. (2016). MODEL PEMBELAJARAN CITIZEN JOURNALISM: MELATIH MAHASISWA DALAM MENULIS ARTIKEL ILMIAH. National Conference on Economic Education.

Jazuli, M., Bisri, M. H., & Paranti, L. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Semarang. Varia Humanika, 1(1), 15–20.

Kirom, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Verbal Linguistik. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 2(2), 204–226.

Kremer, H., & Pristiwasa, I. W. T. K. (2021). Menulis Itu Mudah Menggunakan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar. Pradina Pustaka.

Ma’ruf, M. H., & Fitria, T. N. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dari Skripsi dan Tesis Untuk Mahasiswa Serta Cara Publikasinya ke Jurnal Nasional. Jurnal ABDAYA: Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 6–12.

MUHAIBAN, M. (2015). PEMBELAJARAN MENULIS YANG MENYENANGKAN. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(1).

Musfiqon, H. M., & Arifin, M. B. U. B. (2016). Menjadi Penulis Hebat. Nizamia Learning Center.

Nuzuli, A. K., & Mirdad, J. (2021). Pelatihan Menulis Tentang Kebudayaan Kerinci di Media Masa Bersama Kabarbaikkerinci. com. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 1(1), 33–46.

Rusliana, I. (2020). Menulis Itu Mudah Panduan Praktis Menulis Untuk Guru dan Mahasiswa. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sari, M. K., Bahren, B., & Zuiyardam, Z. (2020). Upaya Peningkatan Literasi Mahasiswa Melalui Pelatihan Menulis Kreatif di Kota Padang Panjang. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 3(2).

Suhara, A. M., & San Fauziya, D. (2017). Penerapan strategi active learning tipe kontrak belajar dalam kegiatan menulis artikel. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 71–85.

Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan profesionalisme guru bahasa




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v3i1.690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter