Personal Branding Vina Muliana sebagai Content Creator Edukasi di TikTok

Aurila Frida Hayu, Elke Alexandrina

Abstract


This research discusses the personal branding of Vina Muliana, an educational content creator on TikTok who provides career tips for job seekers. As an educational content creator, Vina Muliana won the TikTok Awards Indonesia 2021 and has a large following. Therefore, this study aims to identify and analyze the elements of personal branding developed by Vina Muliana. The method used is descriptive qualitative research with a focus on The Eight Laws of Personal Branding proposed by Peter Montoya. Primary data was obtained through online interviews with internal, external, and expert sources, while secondary data was obtained through literature studies and articles on the internet. This research reveals that Vina Muliana forms her personal branding with a cheerful and straightforward content delivery, and by explaining topics to the point, moreover, Vina Muliana fulfills the 8 elements of personal branding, with the most successful being leadership, specialization, and goodwill. Suggestions for Vina Muliana include showing a more relaxed personality to get closer to the audience, sharing career tips not only in the government industry but also in all industries, and increasing career tips for employees.

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai personal branding Vina Muliana yang merupakan content creator edukasi di TikTok yang mengedukasi mengenai tips karir untuk pencari kerja. Sebagai content creator edukasi, Vina Muliana meraih penghargaan TikTok Awards Indonesia 2021 dan berhasil memiliki pengikut yang banyak. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis unsur-unsur personal branding yang dibentuk oleh Vina Muliana. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan memiliki fokus penelitian pada The Eight Laws of Personal Branding yang dikemukakan oleh Peter Montoya. Data primer didapatkan melalui wawancara secara daring dengan narasumber internal, eksternal, dan ahli, serta data sekunder diperoleh melalui studi pustaka, dan artikel di internet. Penelitian ini mengungkapkan bahwa Vina Muliana membentuk personal branding dengan pembawaan konten yang ceria, lugas, dan menjelaskan topik secara to the point, selain itu Vina Muliana memenuhi 8 unsur personal branding, adapun elemen yang paling berhasil ditunjukkan adalah kepemimpinan, spesialisasi, dan nama baik. Saran untuk Vina Muliana adalah tunjukkan kepribadian yang santai agar lebih dekat dengan audiens, membagikan tips karir tidak hanya di industri pemerintahan tetapi di seluruh industri, dan perbanyak tips karir untuk karyawan.

Keywords


computer mediated communication, content creator, personal branding, tiktok

References


Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(1), 151.

Boer, D. R. (2021). Menyelisik Media Sosial: Kajian Persuasi & Konsumsi Generasi Milenial. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Carr, C. T. (2021). Computer-Mediated Communication: A Theoretical and Practical Introduction to Online Human Communication. United Kingdom: Rowman & Littlefield Publishers.

Dani, R. (2022, Januari 29). Sulitnya Dapatkan Pekerjaan di Masa Pandemi Covid-19. Retrieved Juli 18, 2023, from TimesIndonesia: https://timesindonesia.co.id/kopi-times/394104/sulitnya-dapatkan-pekerjaan-di-masa-pandemi-covid19

Ecwid by Lightspeed. (2022, May). Countries With the Most TikTok Users 2022. Retrieved September 18, 2022, from Ecwid by Lightspeed: https://www.ecwid.com/insights/tiktok-countries-with-the-users

Fauziah, N. (2022, April 14). Dear Content Creator, Pentingnya Strategi Personal Branding dalam Membuat Konten. Retrieved Februari 22, 2023, from iNewsPurwokerto.id: https://purwokerto.inews.id/read/69454/dear-content-creator-pentingnya-strategi-personal-branding-dalam-membuat-konten

Haroen, D. (2014). Personal Branding Kunci Kesuksesan Anda Berkiprah di Dunia Politik. (Ubaedy, An, & A. Wiranata, Eds.) Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

K, R. (2022, April 20). Bagikan Tips Karier dan Masuk BUMN di Tiktok, Vina Muliana Masuk Daftar Forbes 30 Under 30. Retrieved Februari 21, 2023, from ThePhrase.id: https://thephrase.id/bagikan-tips-karier-dan-masuk-bumn-di-tiktok-vina-muliana-masuk-daftar-forbes-30-under-30/

Kanwar, P., & Taprial, V. (2017). Understanding Social Media (2nd Edition ed.). bookboon.com.

Khairunnisa, N. (2023, April 6). Karir Adalah: Berikut Tips Menemukan Karir yang Tepat. Retrieved Juli 18, 2023, from Narasi: https://narasi.tv/read/narasi-daily/karir-adalah

Laksana, N. Y., & Fadhilah, A. (2021). Computer-mediated communication and interpersonal communication in social media Twitter among andolescents. Journal of Social Studies, 17(1), 68-70. Retrieved from Journal of Social Studies: https://journal.uny.ac.id/index.php/jss/article/view/39015

MNC Media. (2022, Mei 1). Nafas Baru Industri Content Creator Indonesia. Retrieved September 26, 2022, from Sindonews Lifestyle: https://lifestyle.sindonews.com/read/759409/166/nafas-baru-industri-content-creator-indonesia-1651385156

Muliana, V. (2022, Juli 18). Pekerjaan gaji terbesar + jurusan kuliah yg terkait (saintek edition)! #serunyabelajar #tipskerjavina [Video]. Retrieved April 6, 2023, from TikTok: https://www.tiktok.com/@vmuliana/video/7121673191394692379?lang=en&q=vina%20muliana%20gaji%20terbesar&t=1680714130481

Muliana, V. (n.d.). Bantu kamu soal karier & BUMN DM IG for inquiries [TikTok Profile]. Retrieved Desember 8, 2022, from TikTok: https://www.tiktok.com/@vmuliana?_t=8Y0T7kVItLm&_r=1

Muliana, V. (n.d.). Free Template CV & Contekan Wawancara Kerja By Vina Muliana. Retrieved April 6, 2023, from MediaFire: https://www.mediafire.com/folder/sf304wfahe09m/free_template_%26_contekan_wawancara_kerja_by_vina_muliana

Nadila, S., & Rajagukguk, D. L. (2022). Ajeng's Personal Branding Was Waited As Indika Fm Radio Anniversary Through Tiktok Social Media. JSPS Journal of Social Political Sciences, 3(3), 326-329.

Papakonstantinidis, S. (2019). Tell Me About Yourself: Personal Branding and Social Media Recruiting in the Brave Online World. New York, USA: Business Expert Press.

Pramana, A., & Aryesta, A. E. (2022). Penggunaan Lagu Lathi Dalam Branding Indonesia Di Manca Negara Melalui Media Sosial Tiktok. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(2), 404.

Praswary, D. S., & Darma, G. S. (2021). Community Relations Millenial Content Creator In Forming A Brand Image. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(4), 297.

Rahmah, S. (2021). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Jurnal Interaksi: Jurnal Komunikasi, 5(1).

Rifka, I. (2021, Desember 18). Sejarah, Evolusi, dan Pengertian Media Sosial. Retrieved September 15, 2022, from Kompas.com: https://money.kompas.com/read/2021/12/18/075450026/sejarah-evolusi-dan-pengertian-media-sosial?page=all

Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Solomon, D., & Theiss, J. (2013). Interpersonal Communication: Putting Theory into Practice. New York: Routledge.

Sudarmika, D., & Sella, N. (2021). Instagram Sebagai Media Sosial Dalam Membentuk Personal Branding Nasya Marcella. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 6(1).

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, CV.

Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2).




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v9i2.1050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright