Komunikasi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Dalam Pembinaan Akhlak (Studi Fenomenologi Pada Siswa SDIT Darunnajah Jatijajar Depok Tahun Ajaran 2018/2019)

Diah Shauma Sari, Ahmad Nasher

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana komunikasi pembelajaran guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlak pada siswa dan faktor-faktor penghambatnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teori belajar sosial Bandura dan metode pembinaan akhlak. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dimana kebenaran suatu realitas sosial dilihat sebagai hasil konstruksi sosial, dan kebenaran suatu realitas sosial bersifat relatif dan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara sebagai data primer, dokumentasi dan observasi non partisipan sebagai data sekunder. Informan yang dipilih sebagai narasumber adalah guru pendidikan agama islam dari kelas satu hingga kelas 6 dan juga perwakilan dari orang tua siswa kelas satu hingga kelas 4. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan jika guru pendidikan agama islam dari kelas satu hingga kelas enam menggunakan beberapa cara dalam melakukan kegiatan belajar mengajar pendidikan agama islam di kelas. Misalnya menggunakan metode ceramah, belajar sambil bermain, menceritakan kisah nabi, menjelaskan materi dan langsung memberikan contohnya. Faktor penghambat yang ditemukan guru berupa kehadiran siswa, umur siswa yang masih terlalu muda sehingga emosinya belum stabil, kurangnya kepedulian keluarga siswa, dan faktor eksternal seperti tayangan televisi, film, video dan handphone yang terdapat unsur kekerasan, pornografi dan pornoaksi yang di khawatirkan akan ditiru oleh siswa.

Keywords


Komunikasi Pembelajaran, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak.

References


Bungin, Burhan. 2007. Penelian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya edisi kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

B.R. Hergenhahn and Matthew H.Olson. 2008. Theories Of Learning. Jakarta: Prenada Media Group

Dahar, Ratna Wilis. 2006. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Departemen Agama RI. 2013. Al-Quran dan Terjemahnya. Cetakan ke- I. Bandung: Diponegoro

Devito, A. Joseph. 2010. Komunikasi Antar Manusia. Edisi ke-5. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing

Effendi, Onong U. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Iriantara, Yosal and Usep Syaripudin, M.ED. 2013. Komunikasi Pendidikan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Prenada Media Group

Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nuriyati, Samatan. 2014. Teori Komunikasi 1. Jakarta: Penerbit Gunadarma

Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing

Rakhmat, Jalaluddin. 2018. Psikologi Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Santrock, John. W. 2015. Psikologi Pendidikan. Edisi ke-2. Jakarta: Kencana

Zuhairini, dkk. 2013. Sejarah Pendidikan Islam. Cetakan ke-12. Jakarta: Bumi Aksara

Halimah. 2017. “Pola Komunikasi Guru Agama Dalam Membina Akhlak Siswa SMK Al-Huda Jati Agung Lampung Selatan”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Inayatul Ulya, Nushan Abid. 2015. “Pemikiran Thomas Kuhn Dan Relevansinya Terhadap Keilmuan Islam”. FIKRAH: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan. Vol. 3, No. 2

Jayanti. 2017. “Pola Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik Di Sd Negeri 93 Parandean Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang”. Skripsi. Uin Alauddin Makassar

Kintan Vania Desyarinda, Inggar Prayoga. 2017. “Pola Komunikasi Guru Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Siswa Smp Pgri 1 Bandung”. Skripsi. Universitas Komputer Indonesia, Universitas Padjajaran Bandung

Masna. 2013. “Pola Komunikasi Interpersonal Guru Bidang Studi Aqidah Akhlak Dalam Membina Kepribadian Islami Siswa/I Di Mts Al Muttaqin Pekanbaru”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Murni Yanto, Syaripah. 2017. “Penerapan Teori Sosial Dalam Menumbuhkan Akhlak Anak Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rejang Lebong”. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Vol. 4, No. 2, Oktober 2017

Qurrotul Ainiyah. 2017. “Social Learning Theory dan Perilaku Agresif Anak dalam Keluarga”. Jurnal Ilmu Syari'ah Dan Hukum Vol. 2, No. 1, Januari-Juni 2017

Yoke Suryadarma & Ahmad Hifdzil Haq. 2015. “Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali”. Jurnal At-Ta’dib Vol. 10. No. 2, Desember 2015

https://www.slideshare.net/alfiramitahertanti/teori-belajar-sosial-albert-bandura (diakses pada tanggal 9 september 2019)




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v5i2.287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright