Efektivitas Akun Instagram @suarasurabayamedia dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi bagi Followers dari Kota Surabaya

Fransisca Asteria Nandra Febiola, Saifuddin Zuhri

Abstract


Internet yang merupakan new media menjadi tanda periode baru yaitu adanya teknologi interaktif serta komunikasi jaringan terkhusus dunia maya akan mengubah masyarakat (Littlejohn & Foss, 2014). Akses informasi menjadi lebihh mudah dengan adanya internet. Adanya sistem online, membuat informasi dapat didapatkan kapan pun serta dimana pun pengguna berada. Salah satu bentuk new media yaitu media sosial, seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Instagram dapat menjadi media alternatif dalam mencari informasi yang dibutuhkan penggunannya karena terdapat akun-akun yang membagikan informasi tentang hal-hal tertentu, seperti @infobdg, @infojkt dan juga @suarasurabayamedia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengatahui bagaimana efektivitas akun Instagram @suarasurabayamedia dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi followers dari Kota Surabaya. Teori kebutuhan informasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori yang dikemukakan oleh Guha. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan sumber data dari kuesioner dan literatur yang sesuai dengan masalah yang diteliti. Kesimpulan dari hasil penelitian yang diperoleh yaitu skor rata-rata pada dimensi current need approach yaitu 3,150. Skor rata-rata pada dimensi kedua, yakni everyday need approach yaitu 3,035. Selanjutnya skor rata-rata pada dimensi exhaustic need approach yaitu 3,003. Kemudian skor rata-rata untuk dimensi catching-up need approach yakni 3,110. Hasil dari keempat dimensi tersebut termasuk ke dalam kategori efektif.

Keywords


Efektivitas; Instagram; Kebutuhan Informasi



DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v7i1.592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright