Efektivitas Komunikasi Akun Tiktok @buiramira Sebagai Media Edukasi Akademik Mahasiswa Universitas Riau
Abstract
Abstrak
Tiktok merupakan salah satu jenis media sosial yang tidak hanya efektif untuk berkomunikasi, tetapi juga efektif digunakan sebagai media edukasi. Salah satu pengguna menggunakan Tiktok sebagai media edukasi adalah akun tiktok @buiramira, dimana akun tiktok @buiramira berisi tentang konten seputar tips menghadap permasalahan kuliah .Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas komunikasi akun tiktok @buiramira sebagai media edukasi akademik mahasiswa Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif.Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara online (google form).Populasi dalam peneltian ini adalah mahasiswa Universitas Riau sebanyak 29.470 orang per tanggal 13 Mei 2022. Kemudian dengan menggunakan rumus uknown populations diperoleh sampel sebanyak 135 orang. Selanjutnya, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengukuran skala efektivitas komunikasi akun tiktok @buiramira sebagai media edukasi diperoleh rata-rata sebesar 3,53. Nilai ini diperoleh dari hasil kalkulasi variabel efektivitas komunikasi menurut Cutlip yang terdiri dari tujuh indikator pengkuran yaitu indikator Credibility (Kredibilitas) dengan nilai 3,57 dan masuk dalam skala sangat efektif , Context (konteks) dengan nilai 3,59 dan masuk dalam skala sangat efektif, Content (konten) dengan nilai 3,54 dan masuk dalam skala sangat efektif , Clarity (kejelasan) dengan nilai 3,50 dan masuk dalam skala sangat efektif , Continuity and Consistency ( Kontinuitas dan Konsistensi) dengan nilai 3,44 dan masuk dalam skala sangat efektif , Channel ( Saluran ) dengan nilai3,62 dan masuk dalam skala sangat efektif, Capability of The Audience ( Kapabilitas atau Kemampuan Audiens) dengan nilai 3,51 dan masuk dalam skala sangat efektif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bungin, B. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Cutlip, S. M. (2011). Effective Publik Relations. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nurudin, (2018). Media Sosial Agama Baru Masyarakat Milenial. Intrans Publishing
Rasyid, A. (2019). Metode Penelitian Komunikasi. Pekanbaru: UR Press.
Rosady, R. (2004). Metode penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Annur, M. C. (2020). Pengguna Tiktok Naik 20% Selama Pandemi, Terbanyak Konten Edukasi. https://www.google.co.id/amp/s/katadata.co.id/amp/ekarina/digital/5ec2245aa8bc7/pengguna-tiktok-naik-20-selama-pandemi-terbanyak-konten-edukasi
Javier, F. (2021). Tembus 1 Milyar Pengguna,Tik-tok Hanya Butuh 5 Tahun. https://data.tempo.co/data/1230/tembus-1-miliar-pengguna-tiktok-hanya-butuh-5-tahun
Kusuma, P. wahyu N. (2020). Di Balik Fenomena Ramainya Tik-Tok di Indonesia.
https://tekno.kompas.com/read/2020/02/25/11180077/di-balik-fenomena-ramainya-tiktok-di-indonesia?page=2
Stephanie, C. (2021a). Jumlah Pengguna Aktif Bulanan TikTok Terungkap. https://tekno.kompas.com/read/2021/04/19/14020037/jumlah-pengguna-aktif-bulanan-tiktok-terungkap?page=all
https://www.tiktok.com/diaksespada 1 Maret 2022.
https://datatempo.codiaksespada1 Maret 2022 pukul 10.42.
https://www.cnnindonesia.com/diaksespada1 Maret 2022.
https://unpad.ac.id diakses pada tanggal 2 Maret 2022.
https://apjiii.or.id diakses pada tanggal 2 Maret 2022
DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v8i1.856
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright