Analisis Reaksi Customer Loyal Scarlett Whitening pada Misleading Advertising Paris Fashion Show 2022
Abstract
Abstrak
Scarlett Whitening menjadi salah satu brand dengan rating tertinggi dalam Market Place Shopee dan Tokopedia dengan pangsa pasar sebesar 18,9%. Pada akhir bulan Februari 2022 Instagram dihebohkan oleh pemberitaan 10 brand Indonesia salah satunya adalah Scarlett Whitening berhasil go international dan turut dalam event Paris Fashion Week 2022. Faktanya, peristiwa ini merupakan sebuah misleading informasi yang diterima oleh masyarakat bahwa sebenarnya 10 brand tersebut mengikuti acara Paris Fashion Show GEKRAFS (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional). Tanggal pelaksanaan event Paris Fashion Week 2022 dengan Paris Fashion Show 2022 dimanfaatkan oleh brand tersebut sebagai strategi marketing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah misleading advertising, ambush marketing, loyalitas pelanggan, dan digital customer experience. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa customer loyal dari Scarlett Whitening tidak memperdulikan adanya pemberitaan negatif akibat dari misleading advertising tentang brand tersebut dalam penerapan strategi marketingnya karena pelanggan Scarlett Whitening mementingkan kualitas produk yang dianggap cocok dengan dirinya dan pengalaman pribadinya bersama produk dari brand tersebut.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adhi004. (2022). Pemerintah Dukung 10 Brand Indonesia Tampil di Paris Fashion Week 2022. Kominfo.Go.Id. https://kominfo.go.id/content/detail/40079/pemerintah-dukung-10-brand-indonesia-tampil-di-paris-fashion-week-2022/0/berita
Andre, F. (2022). Blunder Marketing Berbalut Go International. 5 April. https://suaramahasiswa.com/blunder-marketing-berbalut-go-international
Ayu, M., & Rizaty. (2021). Industri Kosmetik Tumbuh 5,59 Persen, Ini Merek Perawatan Tubuh Terlaris pada Agustus 2021. 5 Oktober. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/05/industri-kosmetik-tumbuh-559-persen-ini-merek-perawatan-tubuh-terlaris-pada-agustus-2021
Dhita Arimbi. (2022). Kontroversi Brand Lokal yang Hadiri Fashion Show di Paris. 9 Maret.
Eksananda, A. A. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Produk Scarlett Whitening. Junal Ilmu Manajemen, 10, 233–243.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Gunawan, R., Subagio, H., Pemasaran, P. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2015). Analisa Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Satisfaction Pada Konsumen Di Rosetta’s Cafe & Resto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 3(1).
Heboh Brand Indonesia di ‘Paris Fashion Week’ Adalah Bagian Dari Ambush Marketing? (2022). March 10.
Jeeva, C. (2016). Impact of Misleading Advertisements: Issues and Remedies. Bonfring International Journal of Industrial Engineering and Management Science, 6(4), 155–157. https://doi.org/10.9756/bijiems.7616
Khan, S. K., Saeed, N., Liaqaut, S., Khan, A., & Jabeen, Z. (2015). Impact of Deceptive Marketing on Consumers Behavior : A Case of Cellular Industry of Pakistan. Journal of Marketing and Consumer Research, 18, 91–100.
Kusumadewi, N., & Saraswati, T. G. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Official Store Scarlett Di Shopee Dan Tokopedia. E-Proceeding of Management, 7(2), 6476–6489.
Lee, M.-S., Hsiao, H.-D., & Yang, M.-F. (2011). The Study of Relationship among Experiential Marketing, Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty. International Journal of Organizational Innovation, 3(2), 352–379. https://doi.org/10.21002/amj.v4i1.2030
Misleading advertising. (2021). Ccpc.Ie.
Nuseir, M. T. (2018). Impact of misleading/false advertisement to consumer behaviour. International Journal of Economics and Business Research, 16(4), 453–465. https://doi.org/10.1504/IJEBR.2018.095343
Perindustrian, K. (2020). Perubahan Gaya Hidup Dorong Industri Kosmetik. Kemenperin.Go.Id. https://kemenperin.go.id/artikel/21460/Perubahan-Gaya-Hidup-Dorong-Industri-Kosmetik
Pratama, A. P. (2016). Guerilla Marketing: Pengaruh Guerilla Advertising terhadap Awareness dan Image Produk bagi Perusahaan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1), 30–36. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.1.04
Rahayu, S., & Faulina, S. T. (2022). Pengaruh Digital Customer Experience dalam Menciptakan Customer Satisfaction dan Customer Loyalty di Era Digital. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 1–13. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.568
S, P., & D, G. (2016). MISLEADING ADVERTISEMENTS AND ISSUES. International Journal of Management, 7(2), 475–483.
Situmorang, J. R. (2016). Pemasaran Gerilya (Guerilla Marketing) Sebagai Alternatif Pemasaran Konvensional. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(2), 84–94.
Triyono, D. (2022). Ambush Marketing dan Konsekuensinya. 1(5), 1206–1210.
Yuliana, Y. (2017). Upaya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Pendekatan Kualitatif Pada Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Di Fakultas Ekonomi Umn Al Washliyahmedan T.A 2013/2014. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 2(2), 291–325.
DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v8i2.872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright