Strategi Komunikasi Pemasaran UMKM Himpunan Pemuda Reformasi (HPR) dalam Memasarkan Gula Aren di Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu
Abstract
Abstrak
UMKM gula aren HPR adalah usaha rumahan yang berlokasi di kabupaten Rokan Hulu dan khususnya bergerak dalam penjualan gula aren atau gula merah. Dalam memasarkan produk memanfaatkan komunikasi pemasaran. Namun dalam prakteknya UMKM gula aren HPR tidak muncul begitu saja di benak konsumen. Penting bagi UMKM HPR untuk memahami strategi komunikasi pemasaran guna memastikan kelancaran dan keberhasilan dalam proses pemasaran. Tujuan pada penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Rumah UMKM Gula Aren HPR dalam mempromosikan gula aren dan mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam memasarkan gula aren berkaitan dengan strategi Word of Mouth (WOM), strategi social media marketing, strategi event, dan strategi personal selling. Jenis penelitian ini kualitatif dengan analisis secara deskriptif. Subjek penelitian meliputi ketua, karyawan dan konsumen dengan memanfaatkan teknik purposive. Teknik penghimpunan data dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data memanfaatkan model Miles and Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data memanfaatkan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam memasarkan produknya UMKM Gula Aren HPR menggunakan strategi pemasaran Word of Mouth (WOM) memanfaatkan sosial media melalui facebook, melakukan event marketing dengan membuka stand dibeberapa event dan personal selling yang dilakukan dengan presentasi atau menjelaskan kepada konsumen tentang produk yang dipasarkan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Auliya, S. P. (2021a). Event Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Volume Penjualan Kayn Label. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, d, 18.
Auliya, S. P. (2021b). Event Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Volume Penjualan Kayn Label. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, d, 18. Retrieved from https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7577
Botahala, L. (2021). PEMBUATAN HERBAL SIAP SAJI DI MASA PANDEMI CoViD-19. Abdimas Unwahas, 6(1), 73–78. https://doi.org/10.31942/abd.v6i1.4436
Clarita, C., & Karsa, S. (2020). Strategi Event Marketing PT. Kilau Indonesia. Prosiding Manajemen Komunikasi, 6–10.
Faizi, F., Wulandana, N. P., Alya, A., & Lombu, A. A. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 137. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.510
Feradis. (2021). Gula Aren, Produk Kearifan Lokal Rokan Hulu. Retrieved December 17, 2022, from kumparan.com website: https://kumparan.com/feradis-nurdin/gula-aren-produk-kearifan-lokal-rokan-hulu-1w2pZMYyToT
Gunelius, S. (2017). 30-minute social media marketing. New York.
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. Retrieved from https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
Kotler, P., Amstrong, G., & Sindoro, A. (2003). Dasar-dasar pemasaran. Jakarta: indeks.
Kusniadji, S. (2018). Kontribusi Penggunaan Personal Selling Dalam Kegiatan Komunikasi Pemasaran Pada Era Pemasaran Masa Kini. Jurnal Komunikasi, 9(2), 176. https://doi.org/10.24912/jk.v9i2.1078
Lempang, M. (2012). Pohon Aren dan Manfaat Produksinya. Info Teknis EBONI, 9(1), 37–54.
Rasihen, Y. (2018). Analisis Efisiensi Dan Perilaku Pasar Gula Aren Di Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 14(1), 47. https://doi.org/10.20961/sepa.v14i1.21044
Rezeky, R. T. M. L. (2018). Proses Implementasi Word of Mouth Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran La Perla Plaza Senayan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 155–166.
Sari, R. I., Wicaksono, I. A., & Utami, D. P. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Industri Rumah Tangga Gula Jawa di Dusun Windusari Desa Erorejo Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Surya Agritama: Jurnal Ilmu …, 10(September), 307–321. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaagritama/article/view/1622%0Ahttp://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaagritama/article/download/1622/995
Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 144. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1382
Tarmizi, M. (2018). Analisis Agroindustri Gula Aren Di Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 13(2), 195. https://doi.org/10.20961/sepa.v13i2.21032
Yozani, R. E., Wirman, W., & Sari, S. G. P. (2022). Education-Based Marketing Communication Strategy (Study On Green Smoothie Factory Pekanbaru). (Iccs), 453–458.
DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v9i1.986
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright